Volumetrik

Volumetrik

Diposting pada

Volumetric

Apa itu Volumetrik: Mengapa Penting dalam Industri Kargo dan Kirim-Mengirim

Temukan pengertian dan kepentingan konsep volumetrik dalam industri kargo dan pengiriman. Pelajari bagaimana menghitung dan memanfaatkan dimensi dan berat barang untuk memaksimalkan efisiensi dalam proses pengiriman.

Volumetrik

Dalam industri kargo dan pengiriman, tingkat efisiensi sangat penting. Memahami konsep volumetrik menjadi faktor kunci dalam memastikan biaya pengiriman yang tepat dan memaksimalkan penggunaan ruang dalam kendaraan pengiriman. Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas konsep volumetrik, mengapa hal ini penting, dan bagaimana kita dapat menggunakan dimensi dan berat barang untuk meningkatkan efisiensi dalam proses pengiriman.

1. Pengertian Volumetrik

Volumetrik, juga dikenal sebagai “dimensi berbasis penghitungan”, adalah metode pengukuran yang mempertimbangkan dimensi fisik suatu barang selain beratnya. Dalam industri kargo dan pengiriman, volumetrik digunakan untuk menghitung jumlah ruang yang akan diambil oleh suatu barang dalam kendaraan pengiriman.

2. Mengapa Volumetrik Penting

a) Optimalisasi Ruang: Dalam bisnis pengiriman, biaya pengiriman sering kali ditentukan oleh berat atau volume barang, tergantung mana yang lebih besar. Dengan memperhitungkan dimensi dan berat barang, perusahaan dapat memastikan penggunaan ruang yang maksimal di dalam kendaraan pengiriman. Hal ini membantu mengurangi biaya pengiriman dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.

b) Ketepatan Penentuan Biaya Pengiriman: Dalam model bisnis pengiriman, biaya pengiriman sering kali ditentukan berdasarkan berat atau volume barang yang akan dikirim. Dengan memperhitungkan volumetrik, perusahaan dapat memberikan penentuan biaya yang lebih akurat dan adil kepada pelanggan mereka.

c) Pengecualian Barang Ringan, Tetapi Besar: Beberapa barang, seperti bantal atau keranjang, mungkin memiliki berat yang ringan tetapi memiliki dimensi yang besar. Dalam kasus seperti ini, penggunaan konsep volumetrik memungkinkan perusahaan pengiriman untuk memperlakukan barang tersebut seolah-olah memiliki berat yang lebih besar, sehingga biaya pengiriman yang ditetapkan lebih sesuai dengan penggunaan ruang yang diambil.

3. Menghitung Volumetrik

Untuk menghitung volumetrik, ada beberapa langkah yang perlu diikuti:
a) Ukur Dimensi Barang: Gunakan penggaris atau alat pengukur lainnya untuk mengukur panjang, lebar, dan tinggi barang. Unit pengukuran dapat berupa sentimeter atau inci, tergantung pada preferensi Anda.

b) Konversi Dimensi ke Volume: Setelah mengukur semua dimensi barang, kalikan ketiga angka tersebut bersama-sama untuk mendapatkan volume barang dalam unit kubik. Contohnya, jika panjang barang 50 cm (0,5 meter), lebarnya 30 cm (0,3 meter), dan tingginya 20 cm (0,2 meter), maka volumenya adalah 0,5 x 0,3 x 0,2 = 0,03 meter kubik.

c) Tentukan Volumetrik atau Berat yang Lebih Besar: Setelah mendapatkan volume barang, perusahaan pengiriman akan membandingkannya dengan berat aktual barang. Jika volumetrik lebih besar daripada berat aktual, maka perhitungan biaya pengiriman akan didasarkan pada volumetrik. Namun, jika berat aktual lebih besar, maka biaya akan didasarkan pada berat aktual.

4. Tips untuk Memaksimalkan Efisiensi dengan Volumetrik
a) Gunakan Kemasan yang Sesuai: Memilih kemasan yang tepat untuk barang-barang yang akan dikirim sangat penting. Pilihlah kemasan yang sesuai dengan dimensi dan bentuk barang. Kemasan yang terlalu besar dapat memboroskan ruang, sedangkan kemasan yang terlalu kecil dapat merusak barang. Pastikan bahwa kemasan memberikan perlindungan yang memadai tanpa memakan ruang yang tidak perlu.

b) Menggabungkan dan Mengkonsolidasikan Pengiriman: Jika Anda mengirim beberapa barang dalam waktu yang sama, pertimbangkan untuk menggabungkan dan mengkonsolidasikan pengiriman. Dengan melakukannya, Anda dapat memanfaatkan ruang yang ada dengan lebih efisien dan mengurangi biaya pengiriman secara keseluruhan.

c) Menyusun Barang dengan Bijak: Saat mengisi kendaraan pengiriman, perhatikan cara Anda menata barang. Usahakan untuk menempatkan barang dengan cara yang mengoptimalkan penggunaan ruang, seperti memasukkan barang-barang kecil ke dalam celah yang tersisa atau meletakkan barang dengan sisi datar untuk meminimalkan ruang yang terbuang.

Tentang Volumetric

Dalam industri kargo dan kiriman, pengertian dan penerapan konsep volumetrik sangat penting untuk memaksimalkan efisiensi dan mengoptimalkan penggunaan ruang dalam kendaraan pengiriman. Dengan mempertimbangkan dimensi dan berat barang, perusahaan dapat memberikan penentuan biaya yang akurat dan memberikan layanan yang efisien kepada pelanggan mereka. Dengan mempraktikkan tip-tip yang dijelaskan di atas, Anda dapat memanfaatkan konsep volumetrik untuk merencanakan pengiriman yang efisien dan mengurangi biaya pengiriman secara keseluruhan.

Baca juga : Hitung Volume Kiriman Darat

Kualitas Artikel
[Total: 3 Average: 5]